Tuesday, June 5, 2012

Aksi Ismafarsi di Hari Bebas Tembakau



Dalam rangka memperingati hari Bebas Tembakau Se-Dunia, ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi) Komisariat Universitas Ahmad Dahlan bergabung dengan berbagai Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Muhammadiyah melakukan sosialisasi mengenai bahaya merokok pada hari kamis,31 mei 2012 kemarin yang bertempat di perempatan lampu merah Malioboro.
Titik Nol Kilometer Yogyakarta menjadi tempat pertama aksi “Hari Bebas Tembakau Se-Dunia” yang dilakukan oleh anggota ISMAFARSI Komisariat UAD bersama dengan sejumlah elemen masyarakat, mahasiswa dan pelajar Muhammadiyah di Yogyakarta. Selain mengajak menghentikan kebiasaan merokok dengan membawa poster mengenai bahaya rokok, para pelajar dan mahasiswa juga menyebarkan berbagai stiker dan leaflet yang berisi himbauan agar tidak lagi mengkonsumsi rokok yang banyak memberikan resiko yang buruk bagi kesehatan.
Tidak hanya di titik Nol Kilometer, Peringatan Hari Bebas Tembakau pun dilakukan di depan Gedung DPRD kota Yogyakarta. Sejumlah mahasiswa dan pelajar berorasi di depan gedung DPRD Yogyakarta. Pelajar dan Mahasiswa menghimbau agar masyarakat dapat lebih peduli terhadapa bahaya merokok itu sendiri, mahasiswa juga mengharapkan kerja sama dari pihak DPRD Yogyakarta agar bersama-sama bergerak untuk mengurangi mengkonsumsi rokok di Indonesia khususnya di Yogyakarta.
Peringatan hari Bebas Tembakau ini disambut baik oleh DPRD Yogyakarta, hal in disampaikan oleh perwakilan DPRD Yogyakarta Ibu Istiana ZA. “Kami telah bekerjasama dengna berbagai pihak untuk membuat Perda (Peraturan Daerah) yang mengatur mengenai masah asap rokok yang menganggu hak masyarakat untuk hidup sehat, kita semua ingin meuwujudkan DIY yang sehat tanpa rokok”.
Mahasiswa juga memberikan petisi mereka yang salah satunya berisi mendukung dan mendesak agar segera mengesahkan lebih banyak Kawasan Bebas Asap Rokok.Atas terselengaranya aksi ini diharapkan masyarakat Yogyakarta khususnya agar lebih mengerti mengenai bahaya merokok dan dapat hidup sehat dengan lingkungan yang sehat pula.(luki)

No comments:

Post a Comment